728x90 AdSpace

Headline

INTEL atau AMD-kah yang paling baik ?


INTEL atau AMD-kah yang paling baik ?


Persaingan antara processor AMD dan Intel dalam merebut pasar PC dan laptop hingga saat ini masih cukup sengit. Untuk pasar PC dan laptop gaming, sementara masih didominasi oleh Intel dengan processor Core-nya. Sebenarnya mana yang lebih baik performancenya, AMD atau Intel?.
Sejak Intel mengeluarkan processor Core i3, i5 dan i7, perusahaan pembuatan processor terbesar di dunia ini langsung mendominasi jauh atas AMD.
Langkah AMD dengan menurunkan harga memang sedikit banyak bisa mengangkat penjualannya, tapi performance processornya tidak. Konsep perancangan processor AMD dinilai banyak pihak salah, karena lebih fokus memacu kecepatan processornya. Selain itu konsumsi daya listrik processor AMD cukup besar (di atas 100 watt), dibanding processor Intel (di bawah 100 watt). Akibatnya processor AMD jauh lebih panas dibanding Intel. Processor yang panas otomatis kecepatannya akan turun sendiri, hal ini dikarenakan bila panas berlebih dipertahankan, maka processor akan rusak atau terbakar. Penurunan kecepatan processor bisa hingga 20% - 30% bila panas sudah mencapai di atas 60% dari angka maksimal yang diperkenankan.

Pada beberapa tipe mainboard, bila panas processor mencapai 80%, maka mainboard secara otomatis akan mematikan (shutdown) 'dirinya' atau disebut dengan istilah 'cooling down' sementara. Ketika kita bermain game, tentunya processor akan bekerja maksimal. Apalagi game FPS seperti Crysis, atau game dengan AI 'rumit' seperti Starcraft II, yang tentunya processor pasti akan bekerja dengan 'kekuatan terbaiknya' untuk bisa menjalankan game tersebut dengan mulus. Otomatis panas berlebih akan 'menghinggapi' processor, walau sudah dengan bantuan kipas. Alhasil bila processor AMD Phenom II X6 yang memiliki 6 core diadu dengan Intel i3 dengan 4 core, Intel i3 masih lebih cepat sedikit untuk masalah gaming. Hal ini sudah dibuktikan oleh TomsHardware.

TomsHardware memacu processor dengan kecepatan terbaiknya di resolusi tinggi (1920x1080) untuk mengetahui mana processor terbaik untuk gaming, hasilnya bisa dilihat pada grafik di bawah ini:

Kesimpulan :
Memang dilihat dari segi performance, Intel lebih baik dari AMD ketika bermain game akan tetapi dari segi harga, AMD masih 'lebih layak beli' dibanding processor Intel. Selain itu tidak semua gamer memainkan game dengan konfigurasi maksimal, sehingga akan terlihat game tersebut seolah-olah akan sama lancarnya jika dimainkan dengan processor AMD maupun Intel.
Dalam beberapa aplikasi yang memerlukan core lebih, AMD pasti menjadi jawaranya dengan processor 6 core-nya. 
Harga yang cukup masuk akal sekitar US$160, jauh dibanding Intel i7 6 core yang berkisar di atas US$ 570.
Untuk AMD yang 8 core harganya hanya sekitar US$ 200-an, dan tentunya masih menang di atas Intel. 
Arsitektur processor Intel yang menggunakan teknologi Virtualization, Hyper Threading, dan Turbo Boost disinyalir bisa mengangkat kecepatan processor, sementa itu lithography yang saat ini menggunakan 32 nm & 22 nm bisa menghemat daya dan menurunkan panas processor.  Hal ini yang tidak terdapat pada processor AMD, sehingga Intel saat ini memegang mahkota sebagai processor terbaik untuk gaming.

~~~
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: INTEL atau AMD-kah yang paling baik ? Rating: 5 Reviewed By: Unknown